Sabtu, 24 Desember 2011

DER IMPERATIV


Dalam berkomunikasi sehari-hari orang seringkali meminta kepada lawan bicaranya untuk melakukan sesuatu bahkan menyuruh atau memerintahnya. Kalimat yang digunakan dalam hal seperti ini desebut Inperativ Satz Kalimat perintah atau kalimat permohonan). Bentuk kalimat perintah dalah kata kerja yang sudah dikonjugasi ditempatkan pada awal kalimat. Kadang digunakan partikel “bitte”  untuk membuat kalimat perintah lebih sopan atau lebih halus. Ada tiga bentuk Imperativ dalam bahasa Jerman, yakni:

1.  Du-Form
Du-Form adalah bentuk kalimat perintah yang digunakan dalam berkomunikasi dengan orang kedua tunggal, khusus untuk teman sebaya atau teman akrab dalam situasi tidak formal. Untuk bentuk ini boleh hanya Verbsatamm atau Verstamm diberi akhiran vokal “–e” yang digunakan pada awal kalimat dan tidak menyertakan lagi subyek kalimat.

Beispiel:
- Mach die Arbeit!                    oder            mache die Aufgabe!
- Bitte kauf das Buch                                   kaufe das Buch bitte!
- les bitte den Satz!                                    Lese bitte den Satz!
- geh zur Schule!                                          Gehe zur Schule!

2. Ihr-Form
Ihr-Form adalah bentuk kalimat perintah yang digunakan dalam berkomunikasi dengan orang kedua jamak, juga untuk teman sebaya atau teman akrab dalam situasi tidak formal. Untuk bentuk ini digunakan Verbsatamm yang diberi akhiran konsonan “-t” yang ditepatkan pada awal kalimat dan tidak menyertakan lagi subyek kalimat
Beispiel:
-          Wiederholt den Satz bitte!
-          Lest bitte den Brief!
-          Bitte! Antwortet die Frage!
-          Nehmt bitte diese Tasche!

3. Sie-Form
Ihr-Form adalah bentuk kalimat perintah yang digunakan dalam berkomunikasi dengan orang kedua baik tunggal maupun jamak untuk orang yang belum dikenal baik, orang yang lebih tua dari pembicara, atau siapa saja dalam situasi tidak formal formal atau resmi. Untuk bentuk ini digunakan kata kerja Infinitiv dan sapaan “Sie” selalu disertakan.
Beispiel:
-          Wiederholen Sie den Satz bitte!
-          Lesenn Sie bitte den Brief!
-          Bitte Antworten die Frage!
-          Nehmen Sie bitte diese Tasche!

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

seharusnya utk du-form: "lies den Satz!"
karena konjugasi 'du' pada 'lesen' adalah 'liest

Posting Komentar