Sabtu, 24 Desember 2011

TRENNBARE UND UNTRENNBARE VERBEN



Dalam bahasa Jerman ada beberapa kata kerja Infinitiv yang mempunyai Vorsilbe / prefix ( kata depan ), misalnya: ab pada kata fahren menjadi abfahren. Hal serupa dapat ditemukan pada kata kerja: abfliegen, ankommen, einsteigen, umsteigen, austeigen, weitergehen, dan sebagainya
Kata kerja yang mempunyai vorsibel/prefix ( kata depan ) yaitu trennbare Verben ( kata kerja yang dapat dipisahkan ) dan untrennbare Verben. ( kata kerja yang tidak dapat dipisahkan ).  Adapun awalan – awalan yang biasa di jumpai pada trennbare verben yaitu : Ab, an, auf, aus, bei, ein, mit, vor, zu, zurück. Untuk lebih memahami, perhatikan contoh dibawah ini.       
                                      ankommen             
                            
Der Zug kommt um 12 Uhr in Frankfurt an
                             ( kereta api tiba pada pukul 12 di Frankfurt )

Ada pengecualian untuk trennbare verben, jika dalam kalimat menggunakan modal verben  maka trennbare verben ( kata kerja yang dapat dipisahkan ) tidak dipisah. Contoh :
-          ich mӧchte zum market einkaufen.
( saya ingin berbelanja di pasar )

Catatan : Perhatikan warna pada contoh diatas, bagaimana penempatannya dalam kalimat. Untuk menyusun kalimat yang menggunakan trennbare verben yaitu: subjek + kata kerja asal + objek + prefix.


Vorsilbe/prefix ( kata depan ) pada Untrennbare Verben tidak terpisahkan dari kata kerjanya dalam kalimat. Adapun vorsilbe/prefixnya antara lain: be-, emp-, ent-, er-, ge-, miss-, ver-, dan zer-, adapun contoh kalimat misalnya:
-          Herr Agus erklärt den Fahrplan.
 ( pak Agus menjelaskan jadwal perjalanan )
-          Frau Hj. Nurhani  versteht das Wort .
( ibu Hj. Nurhani  mengerti kata itu )

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

Posting Komentar