Rabu, 22 Februari 2012

DAS ALFABET


Alfabet jerman termasuk ke dalam salah satu variasi alfabet latin. Terdapat 26 alfabet jerman standar yang mengikuti alfabet latin dan ditambah 3 umlaut – huruf yang berubah bunyi, yaitu ё,ű dan Ő. Selain itu terdapat juga eszett ( β) atau dikenal juga dengan sebutan “ scharfes” atau huruf S yang TajamSetiap alfabet Jerman memiliki genus atau gender masing – masing. Itu artinya, ketika di ucapkan sendiri  atau tidak dalam rangkaina kata, alfabet tersebut harus diucapkan lenkap dengan artikelnya. Misalnya das A, das B, atau das C. Perlu di ingat bahwa semua alfabet jerman bergenderneutral atau netral ( das ).

Huruf Kapital
Pengucapan
A
A
B
Be
C
Tse
D
De
E
E
F
Ef
G
Ge
H
Ha
I
I
J
Yot
K
Ka
L
El
M
Em
N
En
O
O
P
Pe
Q
Qu
R
Er
S
Es
T
Te
U
U
V
Vaw
W
Ve
X
Ix
Y
Yupsilon
Z
Tset


. Die Umlaut (ä,ö,ü)
Selain huruf vokal hidup tersebut diatas, juga terdapat huruf vokal yang dikenal dengan istilah Umlaut yaitu huruf hidup a,o,u dengan ditambahkan dua tanda titik diatasnya. Penulisannya sebagai berikut : ä atau Ä, ö atau Ö, ü atau Ü. Adapun cara pengucapannya sebagai berikut :
  1. Huruf ä dibaca e Contoh diucapkan [e] : Ärzt = dokter,
  2. Huruf ü diucapkan dengan bentuk bibir seperti mengucapkan huruf u dan bentuk lidah seperti mengucapkan huruf i. Pengucapan ü agak seperti mengucapkan hurup i dengan bentuk bibir bulat. Contoh : fünf = lima, über = diatas
  3. Huruf ö diucapkan dengan bentuk bibir seakan akan mengucapakan huruf “o” dengan bentuk lidah seakan akan mengucapkan hurup e. Pada saat mengucap ö bentuk bibir bulat dan yang keluar  bukan o tapi e.  . Contoh : Hören = mendengar, österich = austria

D. Esjet (ß)
β merupakan bagian dari alfabet yang sering kita jumpai dalam bahasa Jerman yang dilafalkan seperti  “ss”. Contoh : Fuß = kaki, Grüßen = salam. Cara penulisannya cukup sederhana yaitu dobel “ss” namun, suku kata yang memiliki dobel “ss” tidak bisa digantikan dengan ß (Esjett)  hanya diakui di jerman dan austria saja , sementara dua negara jerman lainnya , yaitu Swiss dan liechtenstein, tidak mengenal eszett.


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar